Medan (ANTARA News) - Gubernur Sumatera Utara H. Syamsul Arifin mengatakan, membentuk atlet berprestasi bukan pekerjaan mudah, tetapi memerlukan pembinaan intensif. "Pembinaan harus dilakukan secara teratur, disiplin dan sungguh-sungguh agar melahirkan olahragawan berprestasi," katanya dalam sambutan dibacakan Wakil Gubernur Gatot Pujo Nugroho ketika membuka Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Sumut IX-2010 di Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah, Kota Tanjung Balai, Kamis.

Melalui Popda, menurut gubernur, diharapkan akan lahir atlet-atlet muda berprestasi.

"Saya sangat berharap seluruh atlet bersungguh-sungguh mengikuti seluruh pertandingan dengan rasa tanggung jawab untuk mencapai prestasi," katanya.

Sekarang kita telah membahas aspek-aspek dari indonesia, mari kita berpaling pada beberapa faktor lain yang perlu dipertimbangkan.

Gubernur mengatakan, untuk mengukir prestasi terbaik suatu daerah perlu kerja sama pemerintah dan masyarakat untuk menggelorakan semangat kepada generasi muda agar gemar berolahraga.

"Pemerintah memiliki tanggung jawab yang besar untuk memikirkan perkembangan dan pembinaan atlet terutama di usia dini," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Tanjung Balai H. Sutrisno Hadi mengaku sangat bangga "kota kerang" itu ditunjuk sebagai pelaksanaan Popda Sumut.

Menurut dia, Popda bukan semata untuk mencari prestasi dan melahirkan atlet-atlet pelajar, melainkan juga untuk mempupuk tali persaudaraan antaratlet pelajar di Sumut.

Sementara Kadispora Sumut Parlautan Sibarani menyebutkan, Popda Sumut diikuti sebanyak 24 kabupaten/kota dan mempertandingkan enam cabang olah raga. (M034/K004)